Rabu, 20 Januari 2010

Calon Pendamping Rita Bakal Ikuti Uji Asesmen

TENGGARONG, Poskota Kaltim
Guna memilih dan menentukan calon pendamping Rita Widyasari S.Sos MM yang maju sebagai Calon Bupati Kukar dalam Pilkada Kukar 2010 mendatang. Diperlukan sosok Calon Wakil Bupati yang sejalan dengan Visi dan Misi Program Gerbang Raja (Gerakan Pengembangan Rakyat Sejahtera). Mengingat Gerbang Raja sendiri adalah penajaman Gerbang Dayaku yang diusung oleh mantan Bupati Kukar H. Syaukani HR yang telah mampu memberikan sentuhan nyata dan mendapat apresiasi sangat baik dari berbagai kalangan, mulai tingkat desa hingga nasional. 
Untuk mewujudkan hal itu, maka 10 nominator Calon Wakil Bupati pendamping Rita akan disaring melalui uji Asesmen. Ke-10 nominator tersebut diantaranya, Anggota DPRD Kukar Ir. H Sabir Nawir, mantan Kepala BKD Kukar Ir. H. Khaerul Anwar Yusuf, mantan Sekda Kukar Drs. H Syahrial Setia, Anggota DPRD Kukar Drs Idrus Tanjung, mantan Kepala Dispora Ifni Djuraidi, Anggota DPRD Kubar Filemontris Opik SE, Asisten I Pemkab Kukar Ghufron Yusuf, Asisten II Pemkab Kukar Ir. H. Hafidz Anwar, mantan Anggota DPRD Kukar Rahmat Santoso dan Ir. H. Safruddin Achmad. 
Menurut Rita Widyasari saat dikonfirmasi Poskota Kaltim, Rabu (13/1) tadi malam melalui ponselnya. Uji Asesmen yang dilakukan kepada 10 nominator calon Wakil Bupati tersebut meliputi penilaian terhadap karakter serta tingkat kejiwaan dari dua penguji yang merupakan dosen Universitas Indonesia, dimana juga merupakan tim penguji Asesmen pasangan Presiden RI Megawati dan Prabowo dimana dalam rekomendasinya dinyatakan tidak layak untuk berdampingan. 
"Rencananya Uji Asesmen bagi 10 Nominator calon Wakil Bupati akan dilaksanakan Sabtu atau Minggu ini di Kota Balikpapan," jelasnya. 
Saat dipertanyakan apakah ada nama diluar 10 nominator Calon Wakil Bupati. Rita menegaskan tidak ada nama-nama diluar nominator yang telah mengikuti proses penjaringan dari Partai Golkar sejak tanggal 1-7 Januari lalu. 
"Ke-10 nominator itu sudah ditetapkan sesuai mekanisme partai, jadi tidak ada lagi nama diluar itu yang mengikuti Uji Asesmen," jelas Rita. 
Lantas bagaimana jika dari 10 nama itu nantinya tidak lolos Uji Asemen tersebut. Terkait dengan itu Rita mengemukakan akan dilakukan penjaringan kembali, namun Rita sangat optimis dari 10 nama nominator itu akan ada satu nominator yang lolos uji Asesmen. 
"Ini merupakan terobosan baru, dimana melalui Uji Asesmen ini. Nominator tersebut memiliki komitmen tegas untuk perbaikan proses pembangunan daerah, memiliki kemampuan sosialisasi politik yang baik ke masyarakat dan stakeholder politik lainnya. Serta mampu membangun sinergi dengan saya selaku Cabup (Calon Bupati), serta memiliki keberanian dan optimis dalam mewujudkan Visi dan Misi Program Gerbang Raja," tegas Rita. 
Disisi lain, terkait dengan munculnya aspirasi masyarakat dari wilayah Pesisir, dimana menginginkan wakilnya dari perwakilan masyarakat Pesisir. Menanggapi hal itu, Rita menyatakan untuk menentukan Calon Pendamping dalam arti kata Calon Wakil Bupati akan diuji atas dasar kemampuan jadi bukan semata-semata berasal dari suku, agama ataupun partai politik. Namun lebih mengarah kepada kepentingan secara profesional dalam memilih dan menetapkan calon Wakil Bupati selaku pendamping pada Pilkada Kukar 2010 mendatang.kip/dp  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.